05 April 2012

SEJARAH SIBAYAK LINGGA

sibayak lingga
Ditanah Pak-Pak dahulu kala ada seorang raja yang terkenal bertempat tinggal di kampung Linggaraja, yang mempunyai beberapa orang putera dan seorang puteri. Pada suatu hari raja itu sakit keras, dan walaupun sudah beberapa orang dukun mencoba mengobatinya, penyakitnya tidak berkurang malahan semakin parah, sehingga kaum kerabat dan rakyatnya amatlah bersusah hati. Pada suatu ketika, singgahlah di kampung Linggaraja serombongan dukun (Guru Pakpak pitu sedalananen, namanya "Erciken tungkatna malaikat" dan "Erpustakaken pustaka najati"), kepada 7 orang dukun Pakpak ini dimintailah pertolongan untuk mengobati raja itu.

Youtube: https://youtube.com/@Lagu_Karo_366

Sesudah dukun itu membaca-baca pustakanya dan melihat nujumnya, maka berkatalah ia kepada permaisuri (kemberahen), agar raja itu dapat sembuh, hendaklah dibuat "persilihi raja", persilihi bukan sembarang persilihi, tetapi dengan membuang harta yang paling disayangi oleh raja itu bersama permaisurinya. Sudah tentu permaisuri dan kaum kerabat sekalian sangat bersuka cita mendengar itu,dan sekejap itu juga terus memperlihatkan semua harta-harta yang disayanginya, tetapi tiap kali diperlihatkan satu macam harta, ke-7 orang dukun itu tetap saja menggelengkan kepalanya, tanda bukan itu yang dimaksudkannya. Sudah habis semua harta-harta diperlihatkannya, tetapi dukun tetap juga menggelengkan kepalanya, sehingga akhirnya sadarlah permaisuri bahwa yang dimaksud oleh dukun bukanlah harta duniawi, tetapi salah seorang puteranya, dukun tidak sampai hati menerangkan demikian.

istana sibayak karo
Permaisuri memanggil dan bermusyawarah dengan putera-puterinya tentang hal itu, dan putera-puterinya berkata bahwa mereka tidak berkecil hati dan tidak akan menolak kalau salah seorang diantara mereka dijadikan "persilihi" supaya ayahnya dapat sembuh. Sesudah itu maka ditetapkanlah oleh dukun hari yang baik untuk melangsungkan pekerjaan "persilihi",dan dipotonglah kerbau dan diundanglah seluruh kaum keluarga. Maka diterangkanlah oleh permaisuri dan raja bahwa anaknya yang paling disayanginya adalah puteranya yang bungsu, maka dijalankanlah acara persilihi, ia diberi makan diatas daun ujung pisang yang sudah dibubuhi makanan-makanan persilihi, yakni pisang, bunga-bunga, cimpa embun-embunen (sejenis kue-kue) dan sewaktu mau pergi meninggalkan kampung halaman, raja memberi petuah kepada anaknya yang bungsu itu agar membawa tanah dari daerah tersebut segenggam dan air setabu, apabila kelak hendak memilih tempat tinggal, hendaklah tanah dan air disitu dibandingkan dengan tanah dan air yang dibawa, moga-moga Tuhan akan memberkati, sampai keturunannya sebanyak bintang dilangit.

   Maka berjalanlah si anak bungsu tadi dengan membawa air dan tanah sebagaimana yang dikatakan ayahnya dan mengambil jalan kearah "cibal tekang" (dari Selatan ke Utara). Benarlah apa yang dikatakan para nujum, sesudah anaknya pergi 3-4 hari lamanya, maka penyakit raja itupun berangsur-angsur hilang. Dalam pada itu puteri raja kembali mengingatkan saudaranya yang paling tua, supaya mencoba menyusul adiknya yang bungsu. Putera yang paling tua segera menyusul dengan menggunakan kuda milik ayahnya dan memacu kearah perginya sang adik bungsu. Setelah beberapa hari dalam perjalanan dia belum juga menjumpai adiknya, akhirnya disuruhnya kuda itu untuk bersuara sekuat-kuatnya berkali-kali supaya terdengar oleh adiknya seandainya dia berada disekitar itu. Kebetulan adik bungsunya tidak jauh dari tempat itu, dan ia mendengar suara kuda ayahnya. Iapun segera mendatangi tempat suara itu dan bertemu dengan saudaranya yang paling tua. Abangnya mengusulkan agar bersama-sama mengembara, tapi si bungsu menolak dengan alasan dia lebih suka mengembara seorang diri supaya ayahnya tetap sembuh.
   Akhirnya diputuskan bahwa mereka mengembara sendiri-sendiri karena saudaranya yang tertuapun sudah berjanji dalam hatinya tidak akan kembali kekampung halamannya.
Sesudah bersalaman, si bungsu melanjutkan perjalanan ke arah utara dan saudaranya ke arah barat. Akhirnya si bungsu tibalah disuatu tempat yang dinamai Kuta Suah dilembah Uruk Gungmbelin dekat kampung Lingga sekarang, disitu dia mendirikan rumah dan menikah, dan dikaruniai 3 anak laki-laki yang bernama Tembe, Cibu dan Serukati dan 1 anak perempuan yang bernama Tambar Malem. Suatu hari mereka menemukan tempat yang bagus dan airnya baik di tempat yang sekarang disebut kampung Lingga, akhirnya mereka memutuskan untuk pindah ketempat yang bagus itu, namun Cibu dan Serukati memohon kepada orang tuanya untuk dapat tinggal di tempat yang mereka pilih sendiri, jadi yang tinggal di Lingga hanya kedua orangtuanya, Tembe dan Tambar Malem, dan menamai kampung itu "Lingga" sebagaimana kampung si anak bungsu yang pergi merantau yaitu "Lingga Raja". Adapun si Cibu pergi kearah Selatan dan menemukan tanah yang baik dan diberi nama kampung Kacaribu sedangkan Serukati ke arah Utara dan mendirikan kampung Surbakti. Akhirnya masing-masing kampung itu menjadi ramai karena keturunan masing-masing.


Kembali kepada kisah anak yang sulung, sesudah dia bersalaman dengan adiknya yang bungsu, diapun tidak kembali ke Linggaraja melainkan juga mengembara dengan menunggang kudanya mengambil jalan kearah sebelah barat dengan mengikuti barisan bukit (sekarang dinamai Uruk Tapak Kuda), karena bekas tapak kudanya. Sesudah beberapa hari perjalanan maka sampailah ia di Nodi (diperbatasan Tanah Karo dengan Tanah Alas) dan disana dia mendirikan rumah dan menikah. Dari perkawinannya lahir 3 orang putera.


Pada suatu hari kampung itu ditimpa oleh bencana banjir karena menurut kepercayaan ada seorang yang memotong binatang yang dianggap suci, karena musibah itu maka ia menyuruh ke tiga puteranya untuk mengungsi sedangkan ia dan istrinya tetap tinggal di kampung itu karena sudah merasa tua. Ketiga puteranya pergi kearah Barat dan tiba di tanah Gayo (Aceh).


Di tanah Gayo penduduk sudah beragama Islam dan ketiga orang itu kalau mau tinggal di situ harus masuk Islam dan disunat. Putera yang tua dan yang tengah akhirnya disunat dan masuk Islam, namun anak ketiga tidak dapat disunat karena dia memiliki kekebalan terhadap benda tajam, oleh karena itu si bungsu pergi meninggalkan kampung tersebut dan pergi kearah Timur dan tibalah di kampung Perbesi, disana dia bercerita bahwa dia adalah keturunan dari Linggaraja dan oleh orang-orang di kampung Perbesi di ceritakan bahwa ada kampung di dekat situ yang bernama Lingga dan kebanyakan adalah keturunan dari Linggaraja juga, akhirnya si bungsu berjalan ke desa Lingga dan menginap di rumah (kesain) Silebe Merdang di bagian rumah Ulujandi.


Si bungsu langsung menarik perhatian khalayak karena kepandaiannya untuk menyelesaikan perselisihan dikampung Lingga sehingga dia akhirnya diangkat sebagai bapak (perbapaan), dan diketahui oleh orang sekampung itu bahwa mereka memiliki asal-usul yang sama yaitu dari Linggaraja. Sebagai penghormatan kepadanya maka ia dikawinkan dengan seorang wanita dari kampung Surbakti, beru Ginting Suka rumah Page, juga dikawinkan dengan beru Sebayang dari kampung Perbesi serta juga beru Tarigan Girsang dari Si bungsu inilah yang memerintah dikesain rumah Jahe kampung Lingga, jadi perbapaan di kesain rumah Jahe dan Urung Telu Kuru. Namanya menjadi Raja.
   Pada suatu waktu datanglah Raja Aceh bersama beberapa orang pengiringnya dan berkemah di Lau Bahun (diantara kampung Lingga dan Surbakti). Raja Aceh memanggil semua Raja di tanah Karo dan akan menetapkan siapa yang jadi kepala ditiap-tiap daerah di Tanah Karo. Untuk menentukannya Raja Aceh memakai cara yang dianggap adil yaitu dengan cara para raja itu harus menunggangi seekor kerbau yang dinamai "kerbau sinangga lutu", barang siapa dapat menunggangi kerbau itu sampai kerbau itu merasa berat, sampai merendahkan badannya ataupun ngenat maka orang itulah yang diangkat menjadi raja. Akhirnya semua raja-raja dari Lingga, Surbakti, Kacaribu, Beganding, Berasitepu, Naman disuruh untuk menaiki kerbau sampai akhirnya si Raja dari Lingga (yang lahir di Nodi dan datang dari Gayolah) yang dapat membuat kerbau itu merasa berat, sehingga iapun ditetapkan menjadi Raja yang terbesar dan diberikan sebuah "Pisau Bawar", hal ini juga dilakukan Raja Aceh terhadap kerajaan Barus Jahe, Suka dan Sarinembah, dan ditambah kerajaan Lingga menjadi "Raja Berempat" dan Raja Lingga itu ketika meninggal dikuburkan di uruk "Gungmbelin" (sebuah bukit dekat Kampung Lingga).
Kerajaan lalu diperintah oleh 3 putera tertuanya dari masing-masing permaisuri yaitu:
NAMA
ANAK DARI
Ganci Raja
Beru Ginting Rumah page
Katasenina
Beru Sebayang Perbesi
Pa Timbang Raja
Br Tarigan Simalungun

Adapun pergantian pergantian selanjutnya sebagai berikut:

Ganci Raja
Katasenina
Pa Timbang Raja 
Keterangan
Mariam
Rajakin
Timbang Raja      
Tempas Raja
Gunung
Gunung anak dari Hat saudara Rajakin
Paras
LaksaAntukParas anak dari Betul, saudara tua Tempasraja
Rasingal
Pa TerangLabasRasingal, anak dari Tempasraja
Rasibngal
Pa Terang
Lambas berhenti tahun 1904

pa sendi sibayak lingga
Kira kira tahun 1905 Belanda masuk ke tanah Karo dan keduanya Rasingal dan Pa Terang diakui oleh Pemerintahan Hindia Belanda jadi raja dari Kerajaan Lingga dan daerah taklukannya. Keduanya mengikat perjanjian pendek dengan Belanda pada Desember 1907. Pada tahun 1921 pa Terang wafat sehingga Rasingal (Pa Sendi) ditetapkan sendirian menjadi Raja, dan Rajanta anak dari Pa Terang ditetapkan menjadi perbapaan Urung Telu Kuru 28 Juli 1934, Rasingal wafat dan digantikan oleh puteranya Raja Kelelong dan mengikat perjanjian pendek dengan Belanda pada tanggal 25 Juli 1935. Setelah Indonesia merdeka tanggal 17 Agustus 1945 dan menjadi Republik maka semua Kerajaan lebur dan Raja Kelelong diangkat sebagai Bupati di Tanah Karo namun tidak memiliki kerajaan lagi, ia meninggal tanggal 21 Januari 1963 dan dimakamkan di "Uruk Nggungmbelin" tempat makam raja-raja Kerajaan Lingga, sisa kerajaan akhirnya dibakar oleh rakyat yang mengganggap bangunan kerajaan adalah sisa dari feodalisme Belanda ini terjadi pada Agresi Belanda II.


Keturunan dari Raja Kelelong sebagai berikut:
Kemberahen br Singarimbun Tiga Nderket
Kemberahen br Tarigan Bukum
Hadwing
Raja ngikut
Raja Nangih
Raja Nambah 
Anni
Rosenna 

Raja Ndemi
Raja Nangkih Sinulingga merupakan putera tertua Raja Kelelong yang lahir di Kabanjahe 10 November 1931, beliau ikut dalam pengungsian ke berbagai tempat semasa Agresi Belanda, ikut dengan bibinya (Lemet S br Sinulingga, istri dari T.Madja Purba) di Pematang Siantar lalu melanjutkan kuliah di Universitas Gajah Mada Yogyakarata, pindah ke Universitas Indonesia Jakarta dan lulus menjadi Notaris, dan bekerja di Madiun 1969 - 1989, pindah ke Jakarta dan pensiun tanggal 10 November 1996, menikah tahun 1961 dengan Roffyana Tetap Sembiring dari Beganding dan dikaruniai 3 anak laki-laki dan seorang perempuan yaitu:Isfridus Josef Radja Nemani Sinulingga (author), Chrysologus Radja Nampeken Sinulingga, Francisca Carolyne Sinulingga dan Michael Raja Nehken Sinulingga.

   Roffyana Tetap Sembiring meninggal dunia di Jakarta tanggal 11 Desember 1998, karena sakit kanker, dikebumikan di Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Raja Nangkih Sinulingga meninggal dunia di Jakarta, pada tanggal 23 Januari 2000, sesaat setelah menyerahkan buku pedoman silsilah keluarga SINULINGGA, kepada perkumpulan 'SINULINGGA MERGANA SI LIMA INDUNG RAS ANAK BERUNA SE JABOTABEK',yang telah disusunnya selama 6 tahun. Beliau dikebumikan di Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta.(sumber : sibayaklinga.com,KITLV,Tropenmuseum)
Youtube: https://youtube.com/@Lagu_Karo_366

21 komentar:

  1. Mantap Cerita nya
    terus berbagi sejarah
    menambah pengalaman tentang kisah daerah daerah indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. ass,..Hal yang tidak pernah
      terbayankan kini sudah menjadi
      kenyataan dengan keluargaku,,
      untuk (Aki Jaya Perkasa) kami
      ucapkan banyak terimakasih..
      karna berkat bantuannya
      ALHAMDULILLAH.. keluarga kami
      bisa lepas dari hutang
      dan masalah,karna nomor
      “GAIB” untuk pasang togel
      hasil ritual (Aki Jaya Perkasa)
      meman benar2 merubah nasib
      kami hanya sekejap,dan disitulah
      aku berkesempatan
      kumpulkan uang untuk buka
      usaha kembali,karna baik rumah
      sudah disita,,warung makan jg
      sudah bangkrut,,tapi itu
      semua aku masih tetap bertahan
      hidup dengan anak dan suamiku,,
      walau cuma kontrak tapi aku
      tetap bersabar dan akhirnya
      lah yang bisa merubah nasib kami..
      (Aki Jaya Perkasa) orang paling
      bersejarah kepada keluarga saya…!!!
      Kepada teman2 yang di
      lilit hutang dan ingin
      merubah nasib baik dari pada sekaran
      HBG: 0852 4187 8611 Aki Jaya Perkasa
      dengan penuh harapan
      INSYAH ALLAH pasti
      tercapai dan sudah terbukti.KUNJUNGI BLOK AKI JAYA PERKASA

      Hapus
  2. Gooood
    Luar biasa desa budaya lingga.

    BalasHapus
  3. Bagus sekali,tetapi kenapa tidak ada yang comment terutama Sinulingga,please dong.Saya mau tahu lebih banyak karena kata alm mamakku dia asalah salah satu anak Sebayak Lingga yang gak diakui Belanda karena menentang.

    BalasHapus
  4. Bagus sekali,tetapi kenapa tidak ada yang comment terutama Sinulingga,please dong.Saya mau tahu lebih banyak karena kata alm mamakku dia asalah salah satu anak Sebayak Lingga yang gak diakui Belanda karena menentang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Saya Marga Tarigan asli dari lingga,,saya kempu sinulingga dan binuang sinulingga,,terkadang kemana pun kita berada asal ketemu dengan orang karo terutama sinulingga langsung aku mau nanya,,kamu ada keluarga di lingga ga hehe :D gitu dh kayanya masih sedarah deh kita semua,,langsung merasa dkt asal ketemu orang karo..

    ~Salam dari sanggar seni Nggara Simbelin :) (Desa Budaya Lingga)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo..sy arnold ginting..bayak ku djangidah sinulingga,bapa ngpuli, dulu CPM..rumah karo ku sebelah rumah jabu 8

      Hapus
  7. mejuah juah saya sangat bangga

    BalasHapus
  8. saya Hendri Sinulingga masih keturunan sinulingga rumah mbelin lingga, saya adalah cucu dari nande ngumput br.bangun mungkin orang2 di lingga masih ada yg ingat alm.nenek saya. dia dulu jagonya tari karo, saya bangga menjadi cucunya.

    MEJUAH-JUAH (HENDRI SINULINGGA-DUMAI-RIAU)

    BalasHapus
  9. BAGI YG kenal Ni kontak no hp saya 081268712383

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum
    Nama saya Saudi lingga
    Saya berasal dari aceh
    Bagian aceh singkil
    Yang sekarang sudah mekar
    Menjadi kota subulussalam
    Tolong bantu asal mula dan keturunan lingga yg mana kami yang di aceh singkil dan kota subulussalam
    No WA 0823-5035-6367
    Fb. Lingga khaira
    Grup. LG(lingga)

    Mohon inpormasinya
    Terima kasih

    Wassalam

    BalasHapus
  11. Seperti cerita dongeng saja awalnya.

    BalasHapus
  12. Bermanfaat Sekali . Salam saya untuk semua saudara yang semarga dengan saya

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  14. SENANG SEKALI LEBIH DETAI AKU BISA MEMAHAMI ASAL USULKU NENEK MOYANGKU. AKU ADLAH BERU SINULINGGA RUMAH BANGU. DI LINGGA.

    BalasHapus
  15. senang sekali bacanya, kami dari bintang meriah

    BalasHapus
  16. Menurut sejarah di Tanah Gayo.. Sibayak Lingga adalah anak raja linge yang mengembara ke Tanah Karo dan menjadi raja disana..Raja linge/lingga memiliki 4 orang anak.. Merah johan pergi ke Aceh besar sebagai pendiru Kerajaan Lamuri, Merah Silu(Malikul saleh) pergi ke pasai mendirikan kerajaan samudra pasai..Dan yang satu lagi menetap di Tanah Gayo. tepatnya di kecamatan Linge..

    BalasHapus
  17. Maaf saya kurang paham dengan sejarah marga saya nama saya muhammad Ridwan Lingga nama bapak saya RAJA lingga asal ompung saya dari sumbul pagagan, saya duluh sering jiarah kemakam moyang di sumbul namanya tugu RAJA LUNGGA famili kita masih banyak disana marga Lingga tapi saya blom perna sempat cerita" sama famili yg ada di sumbul, atau tepat ny di tempat tugu/kuburan marga raja
    lingga mohon kepada apara" ku di jls kan karna aku ng bisa pake bahasa pak pak

    BalasHapus
  18. Salam sinulingga dari langkat

    BalasHapus