17 Maret 2012

SENI DAN BUDAYA

SENI 
Pengertian Seni 

 Kata seni berasal dari kata “sani” yang artinya “Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa”. Dalam bahasa Inggris dengan istilah “ART” (artivisial) yang artinya adalah barang/atau karya dari sebuah kegiatan. Seni sangat abstrak maknanya, jika kita telaah lebih dalam makna seni sangat beragam. Ada yang berpendapat seni itu unik, khas, indah, lembut dan memiliki nilai history yang tinggi. Pada karya seni identik didalamnya melekat nilai-nilai etika dan estetika, dikatakan dalam kontek berseni, seni adalah karya yang menggugah jiwa.

Youtube: https://youtube.com/@Lagu_Karo_366

 Seni adalah pengalaman estetik seseorang (seniman) yang diungkapkan kembali dalam suatu bentuk karya seni, sehingga menimbulkan pesona (rasa puas). Kesenian mengacu pada nilai keindahan (estetika) yang berasal dari ekspresi hasrat manusia akan keindahan yang dinikmati dengan mata ataupun telinga. Konsep seni terus berkembang sejalan dengan berkembangnya kebudayaan dan kehidupan masyarakat yang dinamis.

Beberapa pendapat tentang pengertian seni:

 Ensiklopedia Indonesia : Seni adalah penciptaan benda atau segala hal yang karena kendahan bentuknya, orang senang melihat dan mendengar.

Aristoteles : seni adalah kemampuan membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan oleh gagasan tertentu.

Ki Hajar Dewantara : seni adalah indah, menurutnya seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dan hidup perasaannya dan bersifat indah hingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia lainnya.

Akhdiat K. Mihardja : seni adalah kegiatan manusia yang merefleksikan kenyataan dalam sesuatu karya, yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani sipenerimanya.

Erich Kahler : seni adalah suatu kegiatan manusia yang menjelajahi, menciptakan realitas itu dengan symbol atau kiasan tentang keutuhan “dunia kecil” yang mencerminkan “dunia besar”.

Jenis Jenis Seni:

 1. Seni Musik
 Musik adalah: ilmu atau seni menyusun nada atau suara diutarakan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990: 602)

 2. Seni Tari
Tari adalah keindahan ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan berbentuk gerak tubuh yang diperhalus melalui estetika. Unsur utama yang paling pokok dalam tari adalah gerak tubuh manusia yang sama sekali lepas dari unsur ruang, dan waktu, dan tenaga.

 3. Seni Teater
 Kata Teater berasal dari kata Yunani kuno “theatron” yangsecara harfiah berarti gedung, tempat pertunjukan, stage (panggung),maupun pusat persembahan.Teater bisa juga diartikan mencakup gedung, pekerja (pemaindan kru panggung), sekaligus kegiatannya (isi-pentas/peristiwanya ).Sementara itu, ada juga yang mengartikan Teater sebagai semua jenisdan bentuk tontonan, baik di panggung maupun arena terbuka.Secara singkat dapatlah diberikan definisi terhadap Teater yaitusuatu kegiatan berekspresi yang bertolak dari alur cerita yang dipertunjukkan dengan menggunakan tubuh sebagai medium utama,sedangkan dalam proses penciptaannya digunakan unsur gerak, suara,bunyi dan rupa (wujud) yang disampaikan kepada penonton.Keberadaan teater di tengah kehidupan masyarakat merupakanresiko kultural dari dinamika kehidupan masyarakat sama denganresiko cultural lainnya, politik dan sebagainya. Dengan pengertian bahwa Teater sebagai salah satu bentuk kesenian adalah dihadirkanoleh dinamika masyarakat.

 4. Seni Rupa
 Seni Rupa adalah sebuah konsep atau nama untuk salah satu cabang seni yang bentuknya terdiri atas unsur-unsur rupa yaitu: garis, bidang, bentuk, tekstur, ruang dan warna. Unsur-unsur rupa tersebut tersusun menjadi satu dalam sebuah pola tertentu. Bentuk karya seni rupa merupakan keseluruhan unsur-unsur rupa yang tersusun dalam sebuah struktur atau komposisi yang bermakna. Unsur-unsur rupa tersebut bukan sekedar kumpulan atau akumulasi bagian-bagian yang tidak bermakna, akan tetapi dibuat sesuai dengan prinsip tertentu. Makna bentuk karya seni rupa tidak ditentukan oleh banyak atau sedikitnya unsur-unsur yang membentuknya, tetapi dari sifat struktur itu sendiri. Dengan kata lain kualitas keseluruhan sebuah karya seni lebih penting dari jumlah bagian-bagiannya. seni rupa antara lain adalah lukisan, grafis, patung, pertunjukan, film, koreografi, fotografi dan desain.

 5. Seni Sastra
 Bahasa (kata-kata, gaya bahasa) yang dipakai dalam kitab-kitab (bukan bahasa sehari-hari). Definisi kedua menurut kamus ini adalah karya tulis, yang jika dibandingkan dengan tulisan lain, memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keaslian, keartistikan, keindahan dalam isi dan ungkapannya. Istilah sastra sendiri, berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti ”tulisan” atau ”karangan”. Sastra biasanya diartikan sebagai karangan dengan bahasa yang indah dan isi yang baik. Bahasa yang indah artinya bisa menimbulkan kesan dan menghibur pembacanya. Isi yang baik artinya berguna dan mengandung nilai pendidikan. Bentuk fisik dari sastra disebut karya sastra. Penulis karya sastra disebut sastrawan. Dalam Bahasa Indonesia, kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada ”kesusastraan” atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu. Tetapi kata ”sastra” bisa pula merujuk kepada semua jenis tulisan, apakah ini indah atau tidak.

 Sifat Dasar Seni 
Sifat kreatif dari seni. Seni merupakan suatu rangkaian kegiatan manusia yang selalu mencipta karya baru. Sifat individualitas dari seni. Karya seni yang diciptakan oleh seorang seniman merupakan karya yang berciri personal, Subyektif dan individual. Nilai ekspresi atau perasaan. Dalam mengapresiasi dan menilai suatu karya seni harus memakai kriteria atau ukuran perasaan estetis. Seniman mengekspresikan perasaan estetis nya ke dalam karya seninya lalu penikmat seni (apresiator) menghayati, memahami dan mengapresiasi karya tersebut dengan perasaannya. Keabadian sebab seni dapat hidup sepanjang masa. Konsep karya seni yang dihasilkan oleh seorang seniman dan diapresiasi oleh masyarakat tidak dapat ditarik kembali atau terhapuskan oleh waktu. Semesta atau universal sebab seni berkembang di seluruh dunia dan di sepanjang waktu. Seni tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Sejak jaman pra sejarah hingga jaman modern ini orang terus membuat karya seni dengan beragam fungsi dan wujudnya sesuai dengan perkembangan masyarakatnya.

 BUDAYA/KEBUDAYAAN

 Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia.

 Kebudayaan dapat didefinisikan sebagai suatu keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterpretasi lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi pedoman bagi tingkah lakunya. Suatu kebudayaan merupakan milik bersama anggota suatu masyarakat atau suatu golongan sosial, yang penyebarannya kepada anggota-anggotanya dan pewarisannya kepada generasi berikutnya dilakukan melalui proses belajar dan dengan menggunakan simbol-simbol yang terwujud dalam bentuk yang terucapkan maupun yang tidak (termasuk juga berbagai peralatan yang dibuat oleh manusia). Dengan demikian, setiap anggota masyarakat mempunyai suatu pengetahuan mengenai kebudayaannya tersebut yang dapat tidak sama dengan anggota-anggota lainnya, disebabkan oleh pengalaman dan proses belajar yang berbeda dan karena lingkungan-lingkungan yang mereka hadapi tidak selamanya sama.

 Wujud budaya 
Menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan, aktivitas, dan artefak.

 Gagasan (Wujud ideal) Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan,nilai-nilai, norama -norama peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak ; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masiarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut. Aktivitas (tindakan) Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling barintaraksi , mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan. Artefak (karya)Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret di antara ketiga wujud kebudayaan. Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia.

 Jenis-jenis kebudayaan

  1. Peralatan dan perlengkapan hidup (Teknologi)

 Teknologi menyangkut cara-cara atau teknik memproduksi, memakai, serta memelihara segala peralatan dan perlengkapan. Teknologi muncul dalam cara-cara manusia mengorganisasikan masyarakat, dalam cara-cara mengekspresikan rasa keindahan, atau dalam memproduksi hasil-hasil kesenian. Masyarakat kecil yang berpindah-pindah atau masyarakat pedesaan yang hidup dari pertanian paling sedikit mengenal delapan macam teknologi tradisional (disebut juga sistem peralatan dan unsur kebudayaan fisik), yaitu:

Alat-alat produktif
Senjata
Wadah
Alat-alat menyalakan api
Makanan
Pakaiyan
Tempat berlindung dan perumahan
Alat-alat alat transportasi

   2. Sistem mata pencaharian

Perhatian para ilmuwan pada sistem mata pencaharian ini terfokus pada masalah-masalah mata pencaharian tradisional saja, di antaranya:

   3. Sistem kekerabatan dan organisasi social

Sistem kekerabatan merupakan bagian yang sangat penting dalam struktur sosial.Mayer Fortes mengemukakan bahwa sistem kekerabatan suatu masyarakat dapat dipergunakan untuk menggambarkan struktur sosial dari masyarakat yang bersangkutan. Kekerabatan adalah unit-unit social yang terdiri dari beberapa keluarga yang memiliki hubungan darah atau hubungan perkawinan. Anggota kekerabatan terdiri atas ayah, ibu, anak, menantu, cucu, kakak, adik, paman, bibi, kakek, nenek dan seterusnya

  4. Bahasa Bahasa

adalah alat atau perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berhubungan, baik lewat tulisan, lisan, ataupun gerakan (bahasa isyarat), dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicaranya atau orang lain. Melalui bahasa, manusia dapat menyesuaikan diri dengan adat istiadat, tingkah laku, tata krama masyarakat, dan sekaligus mudah membaurkan dirinya dengan segala bentuk masyarakat. Bahasa memiliki beberapa fungsi yang dapat dibagi menjadi fungsi umum dan fungsi khusus. Fungsi bahasa secara umum adalah sebagai alat untuk berekspresi, berkomunikasi, dan alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial. Sedangkan fungsi bahasa secara khusus adalah untuk mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari, mewujudkan seni (sastra), mempelajari naskah-naskah kuno, dan untuk mengeksploitasin ilmu pengatahuna atau teknologi.

   5 .Kesenian

 Kesenian mengacu pada nilai keindahan (estetika) yang berasal dari ekspresi hasrat manusia akan keindahan yang dinikmati dengan mata ataupun telinga . Sebagai makhluk yang mempunyai cita rasa tinggi, manusia menghasilkan berbagai corak kesenian mulai dari yang sederhana hingga perwujudan kesenian yang kompleks.

   6. Sistem Kepercayaan

Ada kalanya pengetahuan, pemahaman, dan daya tahan fisik manusia dalam menguasai dan mengungkap rahasia-rahasia alam sangat terbatas. Secara bersamaan, muncul keyakinan akan adanya penguasa tertinggi dari system jagat raya ini, yang juga mengendalikan manusia sebagai salah satu bagian jagad raya. Sehubungan dengan itu, baik secara individual maupun hidup bermasyarakat, manusia tidak dapat dilepaskan dari religi atau sistem kepercayaan kepada penguasa alam semesta. Agama dan sistem kepercayaan lainnya seringkali terintegrasi dengan kebudayaan. Agama (bahasa inggris): Religion, yang berasar dari bahasa latian religare, yang berarti "menambatkan"), adalah sebuah unsur kebudayaan yang penting dalam sejarah umat manusia.

   7. Sistem ilmu dan pengetahuan

 Secara sederhana, pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui manusia tentang benda, sifat, keadaan, dan harapan-harapan. Pengetahuan dimiliki oleh semua suku bangsa di dunia. Mereka memperoleh pengetahuan melalui pengalaman, intuisi, wahyu , dan berpikir menurut logika, atau percobaan-percobaan yang bersifat empiris (trial and error).
Youtube: https://youtube.com/@Lagu_Karo_366

28 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Install Office Setup – Sign-in to you microsoft account and then Enter 25 digit alphanumeric office setup product key on country and language.click on next to start office installation.We are the best Office Setup in US, Canada and Australia. At Office Setup, we put high effort, moderate IT answers for organization's, and people.Whether set up or beginning, equipment or programming, system or electronic, we have something for each financial plan. officeplus.net is the exchanging name of Spacesolutions Pvt Ltd situated in California, USA. We are not Microsoft. However we are trained professionals to provide technical support for We are the world's biggest innovation wholesaler and a main innovation deals, showcasing and logistics organization for the IT business around the world. Our people group based ethos, focused costs and nature of administration settles on Office Setup the right decision for your IT needs .Whether you are a learner or experienced in IT our courses are altered to furnish you with the key achievement criteria to thrive in future attempts.

    norton.com/setup
    mcafee.com/activate
    office.com/setup

    BalasHapus
  5. Everybody who has ever owned a computer is familiar with Word, Excel, and PowerPoint. Word processing apps, spreadsheet programs, and slideshow apps are the main components of productivity suites. With the help of the apps that come with utility suites, one can create and share documents, presentations, and spreadsheets.
    www.office.com/setup

    BalasHapus
  6. Microsoft Office is world-renowned suite available for both personal and professional use. If you are one of Microsoft Office users then you would have an idea about the great services provided by them. Furthermore, it one of the oldest and still thriving suites in the market.
    www.office.com/setup

    BalasHapus
  7. Creative writing and amazing content that's what makes this post valuable for reading. Most of the people, who are related to this article and going to enjoy the privileges of your writing through this article / post.
    office.com/setup
    norton.com/setup
    mcafee.com/activate

    BalasHapus
  8. There are many smart TVs presently available on the market, and you could join them to your YouTube account without an excessive amount of hassle. Moreover, you may additionally use media players like Kodi and Roku to look at YouTube to your general television. however, you'll want to set off it by using using the youtube.com/activate technique.

    BalasHapus
  9. Downloading of AOL Desktop Gold software is a very simple easy steps process. Do not require any technical knowledge for installing AOL Gold Desktop. For any help visit aol desktop gold download

    BalasHapus
  10. Nice Post! I loved it, I appreciates your looks …
    Norton gives protection from the majority of the dangers that endure in the advanced domain. To get Norton setup, go to norton.com/setup.
    Feel Free to contact us:
    norton.com/setup

    BalasHapus
  11. Norton AntiVirus is perfect for 1 PC or Mac giving ongoing risk security against malware, spyware, ransomware, phishing assaults and other online dangers. It is intended to give various layers of insurance to your PC or Mac, including firewall security. With secret key chief, produce, store, and synchronize every one of your passwords to sign into any site all the more safely.
    norton.com/setup
    www.norton.com/setup
    norton setup

    BalasHapus
  12. After visiting www.office.com/setup login to microsoft account to make a attain of your hands on treaty of office setup, Any complexity in office com setup our dexterous will support for office install.
    office.com/setup
    www.office.com/setup
    office setup
    office com setup

    BalasHapus
  13. Go to Office Setup website www.office.com/setup. Sign In to your Microsoft Account Or Create a new Account. Enter your Product key
    office.com/setup
    officeoffice

    BalasHapus
  14. I am very happy to reading your blog. I really impressed with your story. Now it’s very difficult to give quality content to users. Thanks for sharing this blog. Know more visit pbs.org/activate

    BalasHapus
  15. AVG antivirus is the highest point of the line antivirus for the confirmation of your automated contraptions. It is expected to keep you ensured and secure. It verifies your critical data and reports, out of the compass of software engineers.www.avg.com/retail
    It examines the information put away in your PC regardless of whether you are away from your PC.

    BalasHapus
  16. ooosmm place inodonesia......I am happy to seek out so many useful info right here within the publish, we want work out extra strategies in this regard, thank you for sharing..

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. We have identified the list of available devices for Amazon Prime Video; we can also check out the step by step to activate Primevideo.com/mytv on your smart TV. We only need a prime video activation code for the activation method. You can create the activation code on your device with the occasional help of Prime Video application. With this information handy, you can get a unique code and initiate their devices in less than one minute.
    <a href="https://wwwprimevideocommytv.wordpress.com/”>Read more…</a>

    BalasHapus
  19. mywifiext.net Login
    Facing issues with mywifiext.net login? Unable to set up or install your Netgear WiFi extender?
    Don’t panic! Here, you will get to know everything about setting up your Netgear extender  Netgear Wifi Extender setup.


    mcafee.com/activate Mcafee/setup answer your questions, troubleshoot problems and offer you expert tips for your PC & Website. We are dedicated to helping our PC users with every issue they are facing. We understand your issues and deliver quick problem resolution. Our service can be availed 24/7


    BalasHapus
  20. This article is very much helpful and I hope this
    will be useful information for the needed ones.
    Keep on updating these kinds of informative things...
    We are the Bulk SMS Service provider for futher details Please follow the link below TransactionSMS

    BalasHapus
  21. toilet cubicle Elevate the user experience with our comfortable and well-designed toilet cubicles.

    BalasHapus